Jumat, 07 September 2012

laporan biologi osmosis

A.     Judul                           :           Laporan Praktikum Osmosis
B.     Tanggal                      :           Selasa, 28 Agustus 2012
C.     Tujuan                       :           1.  Mengetahui proses osmosis
2.  Memahami konsep osmosis
D.     Landasan Teori        :          
Osmosis merupakan proses perpindahan molekul-molekul zat pelarut (air)       dari tempat yang berkonsentrasi rendah menuju ke tempat yang berkonsentrasi tinggi dengan melewati membran semipermeabel. Osmosis adalah perpindahan air melalui membran permeabel selektif dari bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat. Membran semipermeabel harus dapat ditembus oleh pelarut, tapi tidak oleh zat terlarut, yang mengakibatkan gradien tekanan sepanjang membran. Osmosis merupakan suatu fenomena alami, tapi dapat dihambat secara buatan dengan meningkatkan tekanan pada bagian dengan konsentrasi pekat menjadi melebihi bagian dengan konsentrasi yang lebih encer. Gaya per unit luas yang dibutuhkan untuk mencegah mengalirnya pelarut melalui membran permeabel selektif dan masuk ke larutan dengan konsentrasi yang lebih pekat sebanding dengan tekanan turgor. Tekanan osmotik merupakan sifat koligatif, yang berarti bahwa sifat ini bergantung pada konsentrasi zat terlarut, dan bukan pada sifat zat terlarut itu sendiri. Diagram yang menggambarkan peristiwa osmosis.
 







E.     Alat dan Bahan         :
Alat     :
·        Pisau
·        Kertas buram
·        Gelas ukur
·        Pencatat waktu
·        Neraca
·        sendok
Bahan :
·        Kentang
·        Wortel
·        Larutan garam    (5%, 10%, 15%)
·        Larutan gula       (5%, 10%, 15%)
·        air
F.      Cara Kerja
1.      Menyiapkan semua alat dan bahan
2.      Menbersihkan kentang dan wortel
3.      Memotong kentang dan wortel dengan bentuk kotak-kotak
4.      Menimbang kentang dan wortel
5.      Memasukkan kentang dan wortel secara bersamaan pada larutan yang telah disiapkan pada gelas ukur
6.      Menunggu rendaman selama 15 menit
7.      Mengangkat kentang dan wortel dari larutan kemudian meniriskannya pada kertas buram
8.      Menimbang berat akhir
9.      Mencatatat hasilnya


G.     Hasil Pengamatan
Bahan
Berat Awal
Berat Akhir
Larutan gula 5%
10%
15%
Air
Kentang
Air    = 1,4



1,5
5%    = 2,6
2,5



10%  = 1,7

1,7


15%  = 1,7


1,7

Wortel
Air     = 1,3



1,4
5%    = 1
1



10%  = 1,3

1,2


15%  = 1


0,9



Bahan
Berat Awal
Berat Akhir
Larutan garam  5%
10%
15%
Air
Kentang
Air    = 1,6



1,7
5%    = 1,4
1,3



10%  = 1,8

1,6


15%  = 1,2


1

Wortel
Air     = 1,3



1,4
5%    = 1,3
1,3



10%  = 1,5

1,4


15%  = 1,1


1,1



H. Pembahasan
Pada percobaan tersebut terjadi penurunan dan kenaikan massa kentang dan wortel. Terjadi penurunan massa pada kentang dan wortel yang di rendam pada larutan gula. Hal tersebut terjadi karena air pada kentang bergerak ke luar menuju larutan gula. Larutan gula mempunyai konsentrasi yang lebih tinggi dari pada kentang dan wortel. hal tersebut menbuktikan bahwa osmosis adalah proses perpindahan zat dari yang konsentrasinya rendah menuju konsentrasi tinggi sehingga massa pada kentang dan wortel berkurang. Perpindahan air pada kentang yang bersifat hipotonis (konsentrasi rendah) menuju larutan gula yang bersifat hipertonis (konsentrasi tinggi). Seperti pada gambar berikut:
 









Demikian pula yang terjadi pada wortel. Air yang terkandung pada wortel memiliki konsentrasi tang lebih rendah daripada larutan garam sehingga air pada wortel berpindah ke larutan garam dan menyebabkan massa pada wortel yang di rendam pada larutan garam menjadi berkurang. Hal ini menunjukkan larutan yang konsentrasinya rendah (wortel) akan berpindah ke larutan yang konsentrasinya tinggi (larutan garam). Sedangkan kentang dan wortel yang di rendam pada air massanya akan bertambah. Hal ini dikarenakan air memiliki konsentrasi yang lebih rendah dari pada kandungan pada kentang dan wortel sehingga kentang dan wortel yang di rendam dalam air massa akan bertambah sebab konsentrasi pada kentang dan wortel berpindah ke air. Pada praktikum kali ini mungkin terjadi kesalahan dalam praktikum, hal ini mungkin disebabkan karena kekerliruan dalam mengukur massa dan kekurangtelitian sehingga tidak terjadi perbedaan massa pada awal dan hasil akhir.
I.                Kesimpuan :
Osmosis adalah perpindahan molekul dari yang konsentrasinya rendah (kentang dan wortel) menuju molekul uang konsentrasinya tinggi (larutan gula dan garam) sehingga massa kentang dan wortel berkurang.
Osmosis adalah perpindahan molekul dari yang konsentrasinya rendah (air) menuju molekul yang konsentrasinaya tinggi (kentang dan worte) sehingga massa kentang dan wortel bertambah.
J.        Daftar Pustaka :


Kebumen, 5 September 2012
Praktikan,



Mega Puspitasari



Laporan Biologi
osmosis pada kentang dan wortel
 








di susun oleh :
Mega puspitasari
XI IPA 5/18


Tidak ada komentar:

Posting Komentar